Beranda Headline Jumlah Pelanggan Meningkat, Dirut Perumda TB Beberkan Program dan Target 2025

Jumlah Pelanggan Meningkat, Dirut Perumda TB Beberkan Program dan Target 2025

0
Jumlah Pelanggan Meningkat, Dirut Perumda TB Beberkan Program dan Target 2025
Gedung Kantor Pusat Perumda TB Kota Tangerang di Jalan Dr Sitanala, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari

TANGERANG – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang mencatat sebanyak 3.626 pelanggan baru per Juli 2025. Hal itu meningkatkan jumlah total pelanggan Perumda TB yang semula 104.883 menjadi 108.509 sambungan.

Direktur Utama Perumda TB Kota Tangerang, Doddy Effendi menjelaskan, Perumda TB akan terus berupaya meningkatkan jumlah pelanggan baru sesuai target pada 2025.

“Target kami 4000 pelanggan. Pada Juli 2025 jumlah pelanggan baru telah mencapai 3.626 sambungan. Jumlah ini menambah total pelanggan menjadi 108.509 sambungan langsung,” ungkap Doddy, saat diwawancara melalui seluler pada Jumat (8/8/2025).

Menurut ia, beberapa strategi telah diterapkan Perumda TB untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Salah satunya yakni dengan perluasan cakupan pelayanan.

“Perumda TB berupaya memperluas jangkauan layanan air bersih ke wilayah-wilayah di Kota Tangerang yang belum terjangkau jaringan pipa,” kata Doddy.

“Hal ini didukung oleh program strategis nasional (PSN) dan hibah IPA Sitanala dengan kapasitas 500 l/d dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki program dan promo menarik. Terbaru Perumda TB meluncurkan program cicilan pemasangan baru untuk pelanggan. Program tersebut menawarkan cicilan biaya pemasangan baru sebanyak 10 kali dengan membayarkan DP sebesar Rp250 ribu.

Adapun target Perumda TB pada 2025 adalah sebagai berikut:

– Peningkatan jumlah pelanggan: target utama adalah penambahan jumlah sambungan baru sesuai dengan rencana kerja perusahaan.

– Perluasan cakupan pelayanan: menjadikan perluasan cakupan pelayanan sebagai skala prioritas.

– Penurunan tingkat kehilangan air (Non Revenue Water/NRW): Perumda TB berupaya menurunkan tingkat kehilangan air.

– Serah terima pelanggan TKR: Perumda TB bekerja sama dengan pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur penyediaan air minum dan mengelola jaringan pipa, guna melayani pelanggan yang akan diserahterimakan sebanyak 53 ribu pelanggan dari Perumda Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang.

Direktur Umum (Dirum) Perumda TB Kota Tangerang, Tommy Herdiansyah mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan masyarakat terutama bagi para pelanggan, Perumda TB memiliki beberapa program dan inisiatif antara lain;

– Digitalisasi Pelayanan

– Membuka Gerai Layanan

– Peningkatan Infrastruktur

– Modernisasi Sistem

“Untuk digitalisasi pelayanan, kami meluncurkan aplikasi “SI GANTENG” yang memudahkan pelanggan untuk membayar tagihan, melaporkan gangguan, membaca meter, mendaftar, dan mendapatkan informasi layanan,” ujar Tommy.

Sementara untuk gerai layanan, pihaknya membuka gerai layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang. Sedangkan untuk peningkatan infrastruktur, Perumda TB telah meresmikan kantor pusat baru di Jl. DR Sitanala, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

“Dengan kantor baru ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kami,” kata Tommy.

“Kami juga mendorong layanan berbasis digital untuk mempermudah dan mempercepat urusan air bersih bagi pelanggan melalui program modernisasi sistem,” imbuhnya.

Helmi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini